Hari Terakhir Pelatihan PHBK di Masjid Al-Birru Pertiwi

Hari demi hari telah berlalu hingga tak terasa hari terakhir pelatihan pun tiba. Pada hari itu semua peserta ingin mengabadikan moment moment indah pelatihan dengan foto bersama. Takut tidak ada waktu untuk foto bersama setelah acara penutupan.  Mereka akhirnya memutuskan untuk foto sebelum sesi awal pelatihan dimulai. Pertama-tama mereka foto foto di Aula Masjid (tempat pelatihan PHBK) lalu dilanjutkan dengan foto di depan Masjid Al-Birru Pertiwi tepatnya di bawah tangga.

Setelah merasa cukup dan hasrat berfoto ria telah terpuaskan, mereka kembali memasuki Aula Masjid untuk mengikuti materi pertama. Dan materi pertama adalah microteaching PHBK. Agar microteaching berjalan efektif maka peserta dikelompokkan menjadi 4 kelompok. Seketika itu Masjid Al-Birru Pertiwi bagaikan sekolahan TK. Suara ibu guru yang sangat ceriwis dan manja terdengar nyaring di setiap sudut gedung Masjid. Tetapi 2 jam kemudian suara suara itu lenyap dan berganti menjadi suara suara tertawa dan bersenda gurau. Eh… ternyata waktu break sudah tiba.

Sebelum Ishoma, para peserta dibekali tentang cara membuat evaluasi dan membuat rapot Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) selanjutnya mereka disuruh untuk mengerjakan post test agar narasumber mengetahui hasil dari Pelatihan selama 5 hari tersebut. Lalu mereka juga dipersilahkan untuk mengisi pesan dan kesan.

Sebelum mengakhiri pelatihan, Trainer lokal Bojonegoro Bu Fida mengajak para peserta untuk berkomitmen menjadi guru istimewa dan berkarakter. Beliau memotivasi para peserta selama 1 jam penuh. Setelah sesi tersebut selesai barulah acara penutupan dimulai.

Dalam penutupan ini, telah hadir Direktur Utama Masjid Al-Birru Pertwi Bapak H. Basuki, M.Pd, M.Pd.I , Direktur Dakwah Bapak Dr. Nurul Huda dan Manager Masjid Ustadz Agus Sholahuddien, M.HI. Pada acara penutupan tersebut peserta menampilkan puisi dan memberikan testemoni terhadap program yang diselenggarakan Masjid Al-Birru Pertiwi.

Pada kesempatan yang bahagia itu, Bapak H. Basuki, M.Pd, M.Pd.I memberikan sambutan serta mengajak dialog para peserta tentang kesiapan dan bagaimana cara mereka mengimplemantasikan PHBK ke lembaga masing masing. Dalam sambutannya, beliau selalu berkelakar dan menggoda para peserta sehingga acara penutupan menjadi penuh dengan kebahagian dan jauh dari kesedihan. Sebab biasanya acara penutupan itu sering disetting dengan suasana yang mengharukan dan menyedihkan tapi penutupan kali ini disengaja atau tidak disengaja malah membuat para peserta tertawa sepanjang acara. Akhirnya acara ditutup doa oleh Dr. Nurul Huda. Semoga doa beliau dan doa kita semua dikabulkan Allah swt terutama doa untuk merubah wajah pendidikan Indonesia agar lebih berkarakter dan berkualitas… amin ya rabbal alamin.

Video Sambutan Direktur Utama Masjid Al-Birru Pertiwi

Video Senam saat Peltihan PHBK di Masjid Al-Birru Petiwi

 

1,214 total views, 6 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.