Visi & Misi

Visi :

Menjadikan Masjid Albirru sebagai masjid yang indah dan bersih tempat umat Islam melaksanakan ibadah dengan nyaman dan khusuk serta sebagai Islamic Centre yang mendorong dan mendukung pendidikan dan dakwah Islam serta kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dapat meningkatkan kualitas umat yang islami serta mensyiarkan Islam sebagai rahmatan lil alamin.

Misi :

Untuk mewujudkan Visi diatas Masjid Al-Birru Pertiwi menjalankan kegiatan-kegiatan sebagai berikut :

A. Bidang Ibadah

Masjid Albirru Pertiwi harus terus dijaga keindahan, kesucian, kebersihan, kenyamanan dan kelayakannya untuk tempat umat melaksanakan ibadah dengan nyaman, tertib dan khusuk sesuai dengan tuntunan Alquran dan hadits.

  1. Menyelenggarakan sholat lima waktu berjamaah, sholat jumat, sholat tarawih di bulan Ramadhan serta sholat-sholat hari raya.
  2. Menyelenggarakan dzikir-dzikir bersama
  3. Menyelenggarakan peringatan-peringatan hari besar Islam
  4. Menjaga keindahan, kebersihan dan tata kelola masjid yang baik

 

B. Bidang Pendidikan

Kegiatan Masjid Albirru Pertiwi dalam bidang ini bertujuan untuk menutupi kekurangan dan kebutuhan pendidikan yang diperlukan didaerah Bojonegoro dan tidak “menyaingi“ pendidikan yang sudah ada. Lebih menekankan pada pelatihan-pelatihan jangka pendek.

  1. Menyelenggarakan pendidikan informal membaca Alquran untuk anak anak usia dini, remaja dan orang dewasa disertai dengan pendidikan akhlak islami.
  2. Menyelenggarakan pelatihan-pelatihan ilmu agama dan ilmu lain bagi guru-guru agama sekolah formal, ustadz ustadz pesantren, para da’i serta pengurus-pengurus pesantren dan masjid di bidang-bidang yang dipandang perlu untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas mereka.
  3. Menyedikan buku-buku agama dan pengetahuan lain yang relevan diperpustakaan masjid yang terbuka untuk umum.

 

C. Bidang Dakwah

Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan dakwah guna meningkatkan pelaksanaan ibadah yang baik dan benar, penguatan akhlak dan tingkah laku islami serta pemahaman Islam sebagai rahmatan lil alamin.

  1. Menyelenggarakan pengajian-pengajian berbagai topik secara rutin dan terencana di masjid.
  2. Menyelenggarakan siaran-siaran dakwah melalui siaran radio yang dapat menjangkau masyarakat Bojonegoro dan sekitarnya.
  3. Menyelenggarakan diskusi-diskusi tentang permasalahan Islam untuk meningkatkan pemahaman dan kemungkinan mencari solusi atas suatu permasalahan aktual.

 

D. Bidang Kemasyarakatan

Mengadakan program-program pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat (misi dan kegiatan ini merupakan kegiatan jangka menengah dari Al-Birru Pertiwi), antara lain:

  1. Menyelenggarakan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat khususnya dibidang pertanian, ekonomi kreatif dan kesehatan.
  2. Membantu masyarakat, sesuai dengan kemampuan Yayasan, untuk mendorong kegiatan- kegiatan ekonomi masyarakat.

913 total views, 1 views today