Kegiatan Bulan Ramadhan 1437 H di Masjid Al-Birru Pertiwi

ramadhanBulan suci Ramadhan menjadi momen berharga bagi muslimin untuk mendulang pahala sebanyak mungkin. Balasan pahala berlipat menjadi semangat tersendiri untuk mengisi bulan Ramadhan dengan memperbanyak ibadah. Masjid-masjid pun kemudian menggelar beragam kegiatan untuk memberikan fasilitas bagi para ahli ibadah. Pun demikian dengan Masjid Al-Birru Pertiwi Dander Bojonegoro. Rangkaian acara Ramadhan di Masjid Al-Birru Pertiwi selalu rutin setiap tahunnya.

Takmir Masjid Al-Birru Pertiwi Dander Bojonegoro selalu menyiapkan kegiatan-kegiatan pengisi bulan Ramadhan. Sedikitnya ada sepuluh kegiatan Ramadhan di Masjid Al-Birru Pertiwi yang paling ditunggu dan diminati. Berikut rincian kesepuluh kegiatan Ramadhan yang telah diagendakan di Masjid Kubah Emas Bojonegoro ini.

1. Paket Buka Bersama

Kegiatan yang rutin dilakukan setiap Ramadhan yakni buka bersama. Masjid Al-Birru Pertiwi menyediakan 150 makanan buka puasa untuk muslimin setiap harinya selama bulan Ramadhan. Semangat ukhuwah begitu terasa saat melihat ribuan muslimin bersama-sama menyantap menu berbuka di lantai satu masjid terindah di kabupaten Bojonegoro tersebut. Jika kebetulan anda dalam perjalanan dan lewat Desa Dander, silahkan singgah di masjid Al-Birru Pertiwi untuk ikut berbuka bersama. Insya Allah kami menyediakan buka bersama selama 1 bulan penuh.

2. Shalat Tarawih 1 Malam 1 juz

Saat waktu isya tiba di bulan Ramadhan, Masjid Al-Birru Pertiwi akan dipenuhi jamaah yang hendak salat tarawih. Inilah salah satu acara Ramadhan di Masjid Al-Birru Pertiwi yang tak pernah pupus. Muslimin berbondong-bondong mendatangi masjid untuk mendirikan tarawih.

Sholat Tarawih di Masjid ini akan memberikan nuansa yang berbeda dari masjid masjid lain di wilayah Bojonegoro, sebab di Kota yang terkenal dengan ledre nya ini, hanya Masjid Al-Birru Pertiwi yang menyelenggarakan Sholat Tarawih 1 Juz setiap malamnya dan yang akan menjadi imam adalah Para Huffadz (imam yang hafal al-quran) sebanyak 3 orang.

3. Tadarrus Al-Quran

Begitu berakhir pelaksanaan shalat tarawih, pada sekitar pukul 21.00 malam, saat keheningan mulai menyelimuti kakawasan Masjid al-Birru Pertiwi, terdengar alunan merdu ayat-ayat suci Al-Qur’an Al-Karim dari seorang Imam / Muadzin yang memandu kegiatan tadarrus Al-Qur’an. Kegiatan ini dilaksanakan tak lain hanyalah mengharap ridha dan magfirah dari Allah swt.

4. Pengajian Tombo Ati

Ramadhan adalah bulan penyucian diri. Mensucikan hati dari sifat sifat yang tercela dan membersikan diri dari perbuatan yang tidak disukai Allah. Upaya Takmir Masjid al-Birru Pertiwi dalam membimbing kaum muslimin untuk dapat menggapai salah satu hikmah ramadhan tersebut adalah dengan menyelenggarakan Tausiyah / pengajian mingguan yang insya allah akan diasuh oleh ust. Agus Sholahuddin, M.HI dan ust. Yogi Prana Izza, Lc, Ma pada hari Ahad pagi pukul 05.30-07.00 WIB.

5. Kulliyah Tujuh Menit / Kultum

Untuk memberi bekal ilmu kepada masyarakat agar dapat menambah kualitas Ibadah mereka, maka setiap malam sebelum sholat tarawih dimulai maka akan diisi terlebih dahulu dengan tausiyah / ceramah agama selama 7 menit oleh para ustadz dan muballigh yang ada diwilayah Bojonegoro.

6. Wisata Ramadhan

Bulan Ramadhan tak pernah lepas dengan kegiatan pesantren kilat. Masjid Al-Birru Pertiwi pun mengadakan pesantren kilat yang diberi nama Wisata Ramadhan bagi para remaja selama tiga hari. Pesertanya berasal dari para pelajar yang ingin mengisi bulan suci dengan belajar agama. Wisata Ramadhan ini diisi dengan kegiatan pembelajaran keislaman serta pengamalannya. Para remaja tersebut juga diajak untuk selalu turut shalat berjamaah, bertadarus serta salat malam.

7. I’tikaf & Sholat Malam Menggapai Lailatul Qodar

Di sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan, muslimin digiatkan untuk meraih keutamaan malam seribu bulan atau lailatul qadar. Kegiatan salat malam atau qiyamul lail pun digelar di waktu sepertiga malam. Bahkan, secara khusus, pihak masjid mengadakan salat sunah berjamaah tengah malam. Salat jamaah tersebut berupa salat Tasbih 4 rakaat yang dimulai pukul 02.00 hingga 03.00 dini hari.

Selama satu jam, muslimin diajak bermunajat kepada Allah dengan dipimpin imam hafidzul Quran. Dan untuk memberi kenyamanan para jamaah yang mengikuti sholat malam pada 10 hari terakhir bulan ramadhan maka Masjid Al-Birru Pertiwi akan menyediakan 50 paket sahur bersama.

8. Juma’at Mubarok

Khusus hari Jum’at, Masjid Al-Birru Pertiwi akan menyajikan Tausiyah yang akan diadakan setelah sholat Jum’at selesai. Adapu Pembicaranya adalah sebagai berikut:

  1. Dr. Ridlwan Hambali, Lc, Ma (Jum’at Pertama)
  2. KH. Jamaluddin (Jum’at Kedua)
  3. KH. Diman Nashihin (Juma’at Ketiga)
  4. KH. Saifur Rohman / Gus Saif (Jum’at Keempat)

9. Zakat, Infaq dan Shadaqah Berbagi Untuk Sesama

Selain sebagai bulan Al-Qur’an dan bulan ibadah, bulan Ramadhan juga dikenal sebagai bulan berzakat dan berinfaq, saat yang tepat bagi para muzaki dan kaum muslimin yang berkemampuan untuk menunaikan kewajiban memberikan hartanya dengan berzakat, berinfaq dan bershadaqah. Lembaga Amil Zakat Masjid Al-Birru Pertiwi selalu siap melayani, menerima zakat maal, zakat fitrah, infaq, fidyah, ataupun kaffarat kaum musliminibukota dan menyalurkannya kepada yang berhak menerimanya.

10. Hari Raya Idul Fitri Bersyukur dan Bergembira

Malam akhir Ramadhan adalah malam yang penuh syukur dan sekaligus kegalauan hati, haruskah keni’matan Ramadhan ini akan berakhir? Adakah akan berjumpa dengan Ramadhan yang akan datang? Semoga Allah SWT mengabulkan do’a kita agar dapat berjumpa dengan bulan penuh berkah di tahun-tahun depan. Mengakhiri seluruh rangkaian Amaliyah Ramadhan di Masjid Al-Birru Pertiwi, diselenggarakan shalat tarawih terakhir, lalu khataman Al-Qur’an, dan diakhiri dengan shalat al-lail. Malam itu langit pun Nampak kelabu, ikut berduka, ditinggalkan Ramadhan yang penuh kemuliaan. Pada penghujung bulan suci Ramadhan (malam 1 Syawal), di saat telah purna kewajiban menunaikan ibadah Ramadhan sebulan penuh, ummat Islam disunnahkan mengumandangkan dan memperbanyak takbir, tahmid, tasbih dan tahlil sebagai ungkapan rasa syukur dan pengakuan atas ke Maha Besaran Allah SWT. Legalah hati, syukur tiada henti, diiringi isak tangis sedih, namun bahagia, seraya memanjatkan do’a semoga Allah masih mempertemukan kita dengan Ramadhan tahun-tahun mendatang. Tim takbir Masjid Al-Birru Pertiwi yang terdiri dari para imam rawatib dan para muadzin melantunkan takbir, tahmid, tasbih dan tahlil dengan khusyu’ yang dimulai ba’da Magrib tanggal 1 Syawal, semalam suntuk. Allahu akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbarwa lillahil hamdu.

Bunyi takbir semalam sentuk mengiringi terbitnya fajar satu Syawal, hari bahagia yang dinanti kaum muslimin seluruh dunia. Idul Fitri telah tiba, rasa bahagia menyeruak dada, penuh rasa cita sekaligus sedih dan haru berpisah dengan Ramadhan tercinta. Hari ini seluruh kaum muslimin bergembira dengan rasa syukur mendalam, telah berhasil mempersembahkan yang terbaik ke hadirat Allah Azza Wa jalla. Semoga diterimalah seluruh amal ibadah selama satu bulan, diampuni segala dosa, dan kembali fitri seperti semula.

Panitia Amaliyah Ramadhan Masjid Al-Birru Pertiwi, siap melayani kaum muslimin yang akan menunaikan shalat Idul Fitri, diakhiri dengan saling bermanfaat untuk menyempurnakan kesucian diri di hari fitri

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.