Acara Khotmil Qur’an

CIMG0712

Di pagi hari saat fajar datang, terdengar suara adzan dikumandankan dengan suara yang indah dan merdu di Masjid al-Birru Pertiwi Dander Bojonegoro untuk mengajak kaum muslimin sholat shubuh berjama’ah. Walau saat itu hujan gerimis sedang turun rintik rintik, sebagian kaum muslimin masih tetap semangat untuk melaksanakan sholat shubuh berjama’ah, apalagi sehabis sholat shubuh, di Masjid al-Birru Pertiwi akan diadakan acara Tasyakkuran khotimil quran bi al-nadhar.

Acara khotmil qur’an merupakan sebuah acara rutin yang dilaksanakan di Masjid al-Birru Pertiwi Dander Bojonegoro, minimal satu bulan sekali. Acara khotmil quran disini pun bermacam macam. Ada khotmil quran bil ghoib (dengan hafalan), khotmil quran bi al-nadhar (dengan membaca), khotmil quran dalam sholat maktubah dan khotmil quran saat sholat tarawih.

Khotmil quran bil ghoib ini dilaksanakan setiap bulan sekali dengan menghadirkan para hafidz dari Kota Bojonegoro dan sekitarnya, karena sistem pembacaan alquran pada acara tersebut adalah dengan hafalan. Acara khotmil quran bil ghoib diadakan dengan tujuan untuk mempererat tali silaturrahim antar para hafidz hafidzah yang ada di sekitar wilayah Bojonegoro serta mendoakan semua keluaga besar Masjid al-Birru Pertiwi agar selalu mendapatkan rahmat dan lindungan Allah swt. Agar dalam acara khataman quran tersebut tidak tercampur antara laki dan perempuan maka pelaksanaannya dilakukan secara bergantian / rooling yakni bulan pertama untuk para hafidz laki laki dan bulan berikutnya untuk para hafidzah perempuan dan seterusnya.

Sedangkan khotmil quran dalam sholat maktubah merupakan agenda tahunan Masjid al-Birru Pertiwi Dander Bojonegoro. Setiap sholat maktubah bil jahri (maghrib, isya’ dan Shubuh) imam selalu membaca ayat ayat al-quran secara berurut dari juz 1 sampai juz 30, dan alhamdulillah sejak bulan Agustus 2014 sampai pada akhir bulan Pebruari 2015 Imam Masjid al-Birru Pertiwi telah menyempuranakan bacaannya dan mengkatamkan alquran 30 juz. Sedangakan khotmil quran pada saat sholat tarawih adalah program pada bulan suci Ramadhan, setiap kali sholat Tarawih imam selalu membaca al-quran 1 juz setiap satu malamnya, sehingga tepat pada malam akhir ramadhan akan terbaca 30 juz alquran saat shalat tarawih

Adapun khotmil quran bi al-nadhar (dengan membaca) merupakan acara yang tidak terprogramkan di Masjid ini, akan tetapi setiap kali setelah selesai sholat shubuh berjamaah, ada sebagian jama’ah yang istiqomah membaca al-quran secara bergantian dan berurutan, setiap satu hari kira kira dapat setengah atau satu juz sehingga 2 bulan akan khatam atau selesai 30 Juz.  Akan tetapi acara takhtiman pada acara ini tidak pernah dirayakan. Dan tepat pada tanggal 29 April 2015 salah satu jama’ah yang istiqomah membaca al-quran setelah sholat shubuh ingin mengadakan acara khotmil quran secara sederhana sebab kata Si jama’ah tersebut sudah empat kali khataman kok belum pernah tasyakuran. Akhirnya habis sholat shubuh dalam keadaan hujan rintik rintik kita pun mengadakan acara takhtimul quran dengan sederhana dan dihadiri oleh jama’ah sholat shubuh masjid al-Birru Pertiwi. Semoga acara takhtimul quran tersebut membawa berkah untuk Masjid tercinta kita ini dan semoga Keluaga Besar Masjid al-Birru Pertiwi selalu mendapatkan kebaikan dan lindungan dari Allah swt…amiin

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.