Ayo Sholat Tarawih One Night One Juz (ONOJ) di Masjid Al-Birru Pertiwi

one nightSudah menjadi tradisi seperti yang dilakukan di Masjidil Haram Makkah, Masjid Al-Birru Pertiwi Dander Bojonegoro setiap tahunnya akan menyelenggarakan ibadah Sholat tarawih dengan bacaan 1 juz Al-Qur’an setiap malam, sehingga dalam 1 bulan Ramadhan mengkhatamkan 30 Juz Al-Qur’an. dengan jumlah rakaat 23 bersamaan dengan witir.

Sholat tarawih di Masjid Al-Birru Pertiwi merupakan salah satu sholat tarawih yang berqiblat pada sholat tarawih di Masjidil Haram, Makkah. Sejak awal berdirinya, Masjid Al-Birru Pertiwi selalu menyelenggrakan sholat tarawih 20 rakaat dengan bacaan 1 juz Al-Qur’an semalam, jadi hingga akhir Ramadhan sholat tarawih akan mengkhatamkan 30 juz Al-Qur’an.

Masjid Al-Birru Pertiwi Dander Bojonegoro berkomitmen ingin mempertahankan Sholat Tarawih dengan 1 juz semalamnya, walaupun di masjid masjid lain enggan mengadakan sholat tarawih seperti model ini karena takut jama’ah mereka pada kabur, sebab para jama’ah sejak dulu disuguhi Sholat Tarawih yang super kilat dengan bacaan surat ikhlas di setiap 2 rakaat akhir.

Adapun tujuan Masjid Al-Birru Pertiwi Dander Bojonegoro mengadakan Sholat Tarawih seperti ini adalah ingin menghidupkan bulan ramadhan dengan bacaan Al-Quran dalam sholat dan memberikan opsi pada kaum muslimin untuk dapat memilih Ibadah Sholat Tarawih sesuai kebutuhan rohani mereka.

Pada tahun tahun sebelumnya, jamaah yang mengikuti sholat tarawih di Masjid Al-Birru Pertiwi dari berbagai daerah yang ada di Kabupaten Bojonegoro ada yang dari Kecamatani Kapas, Kota Bojonegoro, Kecamatan Dander dan bahkan ada yang dari Kecamatani Babat Lamongan. Mereka jauh jauh datang ke masjid Al-Birru Pertiwi hanya ingin merasakan nikmatnya sholat tarawih yang dilaksanakan tidak seperti di Masjid Masjid lainnya.

Dan yang akan menjadi Imam Sholat Tarawih pada tahun ini adalah 3 orang hafidz yang silih berganti selama Ramadhan. Ketiganya yaitu Ust Abdul Wahab Sya’roni dari Sidoarjo, Ust. M. Husnul Wadi’ (Imam Masjid Al-Biru pertiwi) dan Ust. Abdur Rouf (Juara MHQ Nasional).

Leave a Reply

Your email address will not be published.