Catatan Hari Petama Pelatihan PHBK di Masjid Al-Birru Pertiwi

Hari Sabtu 23 September 2017 merupakan  hari pertama pelatihan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) yang diselenggarakan Takmir Masjid Al Birru Pertiwi Dander Bojonegoro. Pada hari itu para peserta pelatihan terlihat sangat antusias dan semangat dalam menyambut pelatihan tersebut. Pukul 06.00 WIB saat panitia sedang mempersiapkan sarana dan prasana pelatihan terlihat ada dua peserta dari Kecamatan Baureno sudah hadir di Aula Masjid (tempat pelatihan). Kedua peserta tersebut mengaku takut ketinggalan pelatihan mengingat rumahnya jauh dari tempat pelatihan dan mereka harus menempuh perjalanan 1 jam lebih untuk sampai ke Masjid Al-Birru Pertiwi.

Selain itu, ada pemandangan yang sangat menyenangkan dari para peserta disaat mereka menunggu waktu regestrasi ulang mereka sempatkan foto selfie  dengan muka yang sangat ceria dan gembira ria.

Disamping kesan yang sangat menggembirakan dari antusiasme para peserta, ada problem yang sedikit mengganggu pelatihan di hari pertama ini. Keterlambatan tamu undangan dari Kemenag dan Diknas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro agaknya sedikit mengganggu pelatihan tersebut, sebab pelatihan ini sangat menghargai waktu. Jadi terlambat 15 menit aja itu sangat menggangu apalagi sampai 1 jam. Hahahaha

Meskipun begitu, para trainer dari IHF tidak kehilangan cara untuk mensiasati kejadian tersebut. Sehingga sebelum acara dibuka, Kak Aril (pangilan akrab dari Khairil Ginanjar, S.Pd) mencoba untuk menyapa dan memperkenaklan yel yel dan berbagai macam tepuk tangan khas IHF kepada para peserta sehingga waktu tidak terbuang dengan sia sia.

Setelah acara pembukaan -mulai dari menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan Manager Masjid Al-Birru, sambutan dari Diknas Pendidikan Bojonegoro dan Doa dari Kemenag bojonegoro- selesai, maka materi pelatihan segera dimulai. Akan tetapi efek dari keterlambatan tadi mulai terasa. Dan untuk menebus dosa tadi, maka  2 sesion break pun akhirnya ditiadakan.  Walaupun demikian, snack yang sudah disediakan panitia tetap dibagikan kepada peserta disaat mereka sedang menyimak Trainer yang sedang menyampaikan materi.

Adapun materi yang sudah disampaikan pada hari pertama pelatihan adalah

  • Perlunya Mendidik Anak Kreatif, Cerdas, & Berkarakter
  • Teknik Mengalirkan Karakter di Kelas dan Pemodelan Pilar 1 dan 2
  • Komunikasi Efektif dan Manajemen Kelas
  • Tehnik Bercerita Membangun Karakter

Demikian sedikit catatan dan kesan kami terhadap hari pertama pelatihan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) di Masjid Al Birru Pertiwi Dander Bojonegoro, semoga kita bisa mengambil pelajaran dari pelatihan ini terutama tentang pentingnya menghargai waktu.

1,306 total views, 7 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.