Galery Pesantren Camp di Masjid Al-Birru Pertiwi Dander Bojonegoro

 albirrupertiwi.com 

Ramadhan merupakan bulan yang mulia. Banyak lembaga-lembaga pendidikan dan takmir masjid sibuk untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang bernafaskan islami pada awal-awal bulan ramdhan. Tradisi mengadakan kegiatan-kegiatan islami selama bulan ramadhan, khususnya pada awal minggu, agar bulan yang penuh berkah ini diisi dengan ibadah . Salah satu kegiatan yang dilaksanakan Takmir Masjid Al-Birru Pertiwi Dander Bojonegoro selain Sholat tarawih one night one juz dan sholat malam di sepuluh terakhir bulan Ramadhan adalah Pesantren Camp yang dilaksanakan pada 11-12 Mei 2019. Kegiatan ini dilatarbelakangi sebagai bentuk tarbiyah (pendidikan)  yang dilakukan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Peserta kegiatan Pesantren Camp adalah siswa SMP 01 Dander.

Anwar Sahadat selaku Panitia kegiatan ini mengungkapkan pesantren camp ini diikuti 200 siswa siswi dari SMP 01 Dander. Untuk yang putra  dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2019 dan Untuk yang putri dilaksana 1 hari sesudahnya. Kegiatan ini bekerjasma dengan Yayasan Matahati Care Centre Indonesia yang dipimpin oleh Mohammad Syamsun yang lebih akrab dipanggil Kak Acun.

Pesantren Camp ini dimulai dengan Sambutan Kepala Sekolah SMP 01 Dander Dan Sambutan Manager Masjid Albirru pertiwi. Dan selanjutnya Peserta Pesantren Camp disuruh membentuk kelompok dan Ice breaking. Dan setelah itu seluruh peserta diajak sholat dhuha.

Ayu siswi  SMP 01 Dander  merasa senang adanya kegiatan Pesantren Camp ini karena dapat meningkatkan iman dan pegetahuan siswa serta dapat berbagi pengalaman dari kakak para pembina dari Yayasan Matahati Care Centre Indonesia .

Muhammad Husnul Wadi’ selaku Imam Masjid Albirru Pertiwi menyampaikan bahwa Kegiatan Pesantren Camp ini juga memiliki tujuan tersendiri yakni meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan tentang ajaran agama Islam. Kedua, menerapkan dan mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka membentuk mental spiritual yang tangguh, kokoh, dan mampu menghadapi tantangan negatif yang datang dari diri pribadi maupun dari luar. Selain itu juga terdapat beberapa nilai yang terkandung dalam kegiatan Pesantren Camp yaitu berupa adanya rasa kebersamaan dan kesederhanaan, adanya suasana kekerabatan dan kekeluargaan, dan adanya peningkatan pengalaman penghayatan ajaran agama Islam.

Persiapan Buka bersama

Leave a Reply

Your email address will not be published.