Hari Ke-2 Pelatihan PHBK di Masjid Al Birru Pertiwi

IMG_0566

Para Peserta training sedang beratraksi

Suara tepuk tangan, yel yel dan nyanyian sayup sayup terdengar di dalam aula Masjid Al Birru Pertiwi. Iya, tepat pukul 08.00 WIB pelatihan “Pembelajaran Holistik Berbasis Karakter” pada hari kedua telah dimulai, 15 menit sebelumnya, peserta dari berbagai kecamatan di Kabupaten Bojonegoro mulai dari Boureno, Sumberejo, Balen sampai Padangan telah hadir menanti nantikan pelatihan PHBK yang telah mereka ikuti pada hari sebelumnya. Mereka terlihat haus dan semangat menyimak materi yang akan dipresentasikan pada hari kedua pelatihan.

Season pertama pada pelatihan di hari itu dimulai dengan penjelasan modul dan pemodelan pilar karakter 3,4,5 dan 6 oleh Ibu Lovea Novita, S.Psi lalu diteruskan Bapak Khairil Ganjar, S.Pd untuk menjelaskan Teknik Bercerita Membangun Karakter. Pada season ini Pak Aril (panggilan akrab Bapak Khairil Ganjar) menjelaskan dengan kocak dan sangat menghibur layaknya beliau bercerita dihadapan anak anak kecil. Beliau mengajarkan cara meniru suara berbagai macam hewan seperti Harimau, Ayam Jago, Bebek dan lain lain. Para peserta pun terdengar tertawa terbahak bahak melihat dan menyaksikan adegan yang dimainkan oleh Trainer kocak tersebut.

Selanjutnya pada season ketiga, para peserta training dibagi menjadi 5 kelompok untuk praktek mengajar atau micro teaching dihadapan para kelompoknya masing masing. Para peserta dituntut untuk dapat mengaplikasikan pembelajaran 9 pilar karakter mulai dari pilar 1 sampai pilar 6 di hadapan kelompok mereka masing masing.

Setelah selasai praktik mengajar oleh para peserta, pelatihan pun dilanjutkan dengan penjelasan materi tentang bahaya video game kekerasan & pornografi bagi anak dan diakhiri dengan penjelasan modul pilar karakter 7,8,9 dan K4.

Begitulah gambaran singkat pelatihan PHBK pada hari kedua di Masjid Al Birru Pertiwi. Pelatihan dimulai tepat pada pukul 08.00 Wib sampai pukul 16.30 WIB, para peserta diberikan waktu 2 x 15 menit untuk menikmati coffee break yang disediakan panitia 2x (pagi & sore) dan 1 jam untuk sholat dan makan siang. Semoga bermanfaat

IMG_0552

Ibu Lovea Novita memperagakan teknik bercerita dengan boneka tangan

IMG_0563

Pak Khairil Ganjar sedang melatih vokal para peserta

IMG_0592

pada siang hari para peseta masih semangat menyimak materi pelatihan

PhotoGrid_1462489981940

pengelompokan peserta menjadi 5 group

Leave a Reply

Your email address will not be published.