Hari Ke-3 Pelatihan PHBK di Masjid Al Birru Pertiwi

Dua Narasumber Training memperagakan senam otak

Dua Narasumber Training sedang memperagakan senam otak



Kami guru istimewa


Lembut namun berwibawa

Penuh percaya diri, kreatif dan semangat

Kami guru istimewa

Guru istimewa yesssssss!!!

 

Lagu “guru Istimewa” di atas menandai bahwa pelatihan PHBK hari ke-3 di Masjid Al Birru Pertiwi telah dimulai. Kali ini peserta dituntut untuk tampil di depan kelompoknya masing masing untuk mempraktikan apa yang telah mereka peroleh dari narasumber, khususnya materi penerapan pilar 7-K4. Kegiatan ini berdurasi 1,15 jam.

Setelah para peserta selesai menunjukkan skill mereka di depan kelompoknya, lalu para narasumber juga dituntut untuk unjuk gigi di depan para peserta. Para narasumber pun mengajarkan teknik atau gerakkan untuk membangun kecerdasan otak anak. Pertunjukkan itu sontak mendapatkan aplaus dari para peserta, setelah itu para peserta pun menirukan gerakan narasumber.

Karena meteri pilar 1-9 dan K1-K4 sudah tuntas, maka kegiatan kali ini lebih menitikberatkan pada praktik mengajar dan ketrampilan guru. Pada season ketiga pada pelatihan kali ini para peserta di bagi menjadi 4 kelompok untuk menerapkan pola pembelajaran Brain Based Learning (BBL) / pembelajaran ramah otak dan Sistem sentra. Akan tetapi untuk season ketiga ini lebih ditekankan pada sentra imajinasi dan sentra seni.

Pada Pukul 11.30 WIB pelatihan break dulu untuk makan siang sambil menunggu sholat jum’at selesai, dan tepat pukul 13.00 WIB pelatihan baru dimulai lagi dengan materi “Literasi Untuk Menumbuh Karakter” yang diampu oleh Ibu Edianna Putri Mayangsari, M.Si. dalam season ini trainer mengajak para peserta untuk menekankan karakter pada anak ketika mengajarkan baca tulis. Misalnya; dalam hal membaca diharapkan peserta didik mampu memahami maknanya dan dapat menjadi pendengar yang baik.

Pada season terakhir peserta di bagi menjadi 4 kelompok lagi untuk membuat kegiatan dalam membangun karakter Anak Usia Dini (AUD) di sentra persiapan dan sentra eksplorasi (sain). Demikian laporan langsung Pelatihan Holistik Berbasis Karakter dari Masjid Al Birru Pertiwi Dander Bojonegoro, semoga bermanfaat.

IMG_0615

Kelompok Praktek Sentra Eksplorasi

IMG_0617

Group Praktek Sentra Seni Kreasi

IMG_0622

Group Praktek Sentra Imajinasi

PhotoGrid_1462612000389

Para Peserta Pelatihan Sedang Memperagakan Senam Otak

PhotoGrid_1462606567120

Ice Breaking dulu ah…. biar gak ngantuk

Leave a Reply

Your email address will not be published.