Isak Tangis Warnai Hari Terakhir Pelatihan PHBK di Masjid Al Birru Pertiwi

IHF

Foto Peserta Pelatihan Bersama Trainer dan Takmir Masjid Al Birru Pertiwi

Hari demi hari telah berlalu, tak terasa ternyata pelatihan Pembelajaran Holisistik Berbasis Karakter (PHBK) yang diselenggarakan di Masjid Al Birru Pertiwi Dander Bojonegoro telah memasuki babak akhir. Suka dan duka baru mulai terasa saat menjelang detik detik terakhir pelatihan. Sebelum acara penutupan para peserta masih sempat mendapatkan materi tentang “Kreativitas (origami, Origami Bulat, Whole Language dan Display Kelas). Materi ini sangat menghibur sebab tidak ada teori yang disampaikan, akan tetapi para trainer langsung memandu dan mengarahkan para peserta untuk membuat beraneka ragam kreativitas dari kertas lipat. Kegiatan ini berlangsung sampai jam 12.00 WIB dan dilanjutkan dengan makan siang.

Pada pukul 13.00 WIB para peserta disuruh menuliskan pesan dan kesan selama mengikuti pelatihan PHBK di Masjid Al Birru Pertiwi. Pada pukul 14.00 WIB Kak Acun dari Mata Hati Children Care Centre memberikan motivasi kepada para peserta. Kak Acun sempat mengajak para peserta untuk bermuhasabah untuk mengingat dosa dan nikmat yang tidak pernah kita syukuri (termasuk Pelatihan gratis di Masjid Al Birru Pertiwi), para peserta pun hanyut dalam kesedihan. Suara isak tangis mulai terdengar menyayat hati, air mata pun tak terbendung telah membanjiri pipi karena ingat atas nikmat nikmat yang tidak disyukuri dan dosa dosa terhadap Penguasa alam semesta ini.

Dan tepat pada pukul 15.20 WIB acara penutupan di mulai dengan testimoni para peserta. Dalam testimoni yang diwakili oleh 3 peserta itu, mereka menyampaikan terimakasih kepada Masjid Al Birru Pertiwi yang telah menyelenggarakan Pelatihan PHBK bekerjasama dengan Indonesia Heritage Foundation (IHF) dan mereka mengharapakan agar pelatihan semacam ini berlanjut kembali terutama untuk lembaga yang belum mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan. Selanjutnya acara ditutup Oleh Direktur Utama Masjid Al Birru Pertiwi Bapak Drs. H. Basuki, M. Pd, M. Pd.I dengan memberi sedikit sambutan yang sangat menghibur dan menyejukkan jiwa.

Demikian laporan  pelatihan Pembelajaran Holistik Berbasis Karakter (PHBK) atas kerjasama Masjid Al Birru Pertiwi dengan Indonesia Heritage Foundation (IHF). Semoga pelatihan ini bisa meningkatkan kualitas pendidikan di negara kita baik dari sisi kognitif, karakter, sikap dan akhlak. Semoga Masjid Al-Birru Pertiwi senantiasa mendapatkan keberkahan dan Semoga semua keluarga Masjid Al Birru Pertiwi selalu dalam lindungan dan rahmat Allah swt. Amiin

Salam Guru Istimewa… YESSSSSS!!!!

ac

Diektur Utama Memberi Sambutan pada acara penutupan pelatihan

acun

Kak Acun saat memberi Training Motivasi kepada para peserta

as

Peserta menampilkan tarian untuk anak TK

IMG_0771

Bapak Drs. H. Basuki menyerahkan sertifikat kepada peserta

IMG_0733

peserta ini sedang memberikan testimoni pelatihan PHBK

IMG_0766

Drs. H. Basuki Meminta tanggapan kepada Peserta tentang penerapan pelatihan kedalam sekolah

IMG_0770

Penampakan dari belakang

Praktek Origami, Display Kelas dan Origami Bulat

Praktek Origami, Display Kelas dan Origami Bulat

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.