Kegiatan Bulan Suci Ramadhan 1438 H Masjid Al-Birru Pertiwi Dander Bojonegoro

albirrupertiwi.com Kegiatan Ramadhan merupakan aktifitas penting yang kami agendakan secara rutin setiap tahun di bulan Ramadhan. Program kegiatan ramadhan termasuk kegiatan yang besar yang menyita banyak waktu, biaya dan tenaga, sehingga persiapannya harus direncanakan secara matang. Bahkan 2 bulan sebelum masuk bulan Ramadhan Takmir Masjid sudah mulai mempersiapakannya dengan serius dan fokus.

Berbagai kegiatan yang akan kami adakan selama Ramadhan antara lain sbb. :

Sholat Tarawih One Night One Juz

Sholat Tarawih One Night One Juz merupakan kegiatan wajib yang selalu diagendakan oleh takmir masjid al-Birru Pertiwi. Sholat tarawih ini dilaksanakan setelah sholat Isya’. Dilakukan dengan sholat tarawih 20 rakat + 3 rakaat witir.  Imam tarawih akan membacakan ayat ayat suci alquran 1 juz setiap malamnya, sehingga  di penghujung malam akhir ramadhan akan mengkhatamkan alquran 30 juz.

Tadarus Al-Qur’an

Kegiatan ini dilaksanakan setiap malam sehabis sholat tarawih. Kegiatan ini dipersembahkan untuk para muslimin yang ingin menghidupkan malam ramadhan dengan memperbanyak amalan membaca al-Qur’an. Insya allah panitia akan meyediakan konsumsi di setiap malam kegiatan ini.

Paket Buka Bersama

Dalam rangka menghormati saudara muslimin muslimat yang sedang menjalankan ibadah puasa, maka kami juga akan mengadakan acara buka bersama setiap hari di Masjid al-Birru Pertiwi selama sebulan penuh. Dengan program ini diharapkan tidak ada satupun dari warga muslimin muslimat yang tidak bisa berbuka puasa baik yang sedang di rumah ataupun yang dalam perjalanan.

Pengajian Tombo Ati

Pengajian Tombo Ati (PTA) merupakan program pengajian mingguan yang diadakan di Masjid al-Birru Pertiwi baik di luar bulan ramdhan atau di bulan ramadhan itu sendiri. Pengajian ini dilaksanakan setiap hari Ahad / Minggu pukul 05.30 sampai pukul 07.00 WIB. Acara akan dimulai dengan bacaan surat al-Waqiah dan Wirdul Latif lalu dilanjutkan dengan mauidloh hasanah atau taushiyah selama kurang lebih 1 jam.

Kajian Islam Ba’da Tarawih

Kajian ini akan dilaksanakan setiap minggu sekali pada hari sabtu malam minggu setelah sholat tarawih. Kegiatan ini menggantikan program kultum yang tahun sebelumnya dilaksanakan setiap malam sebelum sholat tarawih. Mengingat sholat tarawih di Masjid al-Birru Pertiwi ini terbilang agak lama karena bacaan imam adalah 1 juz di setiap malamnya, maka program kultum di ganti dengan Kajian Islam seminggu sekali agar para jamaah dapat melaksanakan sholat dengan tenang, nyaman, khusu’ dan dapat lebih mengefesiensi waktu.

Wisata Ramadhan Olah Qalbu

Wisata Ramadhan Olah Qalbu merupakan kegiatan Tholabul Ilmi ala pesantren yang dimodifikasi lebih menarik dan menyenangkan sehingga para peserta seakan akan berwisata menjalajahi dunia ilmu agama tanpa jemu jemu dan berasik asik ria. Untuk tahun ini para peserta yang akan kami rekrut adala para pelajar tingkat SMP dan SMA, sebab 2 tahun yang lalu kita sudah memberikan kesempatan untuk para pelajar tingkat SD / Madrasah Ibtidaiyah.

I’tikaf dan Sholat Malam Penenang Jiwa

Kegiatan ini dilaksanakan pada setiap malam hari disepuluh akhir bulan ramadhan. Di sepuluh akhir bulan ramadhan ini masjid akan kami setting untuk dapat diapakai untuk beribadah semaksimal mungkin, terutama di malam hari setelah sholat Tarawih. Biasanya banyak warga muslim yang beri’tikaf mulai jam 22.00 WIB sampai Shubuh. Dan setiap pukul 02.00 kami akan mengadakan sholat Tasbih berjamaah beserta amalan amalan yang menyertai dan menyempurnakannya. Dan untuk memberikan kenyamanan kepada para mu’takifin (orang orang yang i’tikaf), Insya Allah takmir masjid akan menyediakan paket sahur  yang akan diberikan pada waktu sahur sekitar jam 03.30 WIB.

Jum’at Mubarak

Jum’at Mubarak adalah sebuah ceramah agama yang dilaksanakan setelah sholat juma’at. Jadi tepat setelah sholat jumat selesai maka khotib akan memberikan ceramah agama, hal ini dimaksudkan agar ceramah dapat dilaksanakan lebih rileks dan santai, sehingga para jamaah dapat menerima ilmu dengan santai dan tidak terlalu tegang. Dan yang lebih penting lagi adalah para khotib yang bertugas pada hari itu adalah khotib terbaik dan paling populer di wilayah kabupaten Bojonegoro.

Ngaji Sore Sebelum Berbuka

Ini merupakan program kegiatan terbaru yang akan dipersembahkan oleh Takmir Masjid al-Birru Pertiwi untuk warga muslim muslimat. Kegiatan ini akan dilaksanakan setiap hari Kamis sore menjelang buka bersama. Kegiatan ini diadakan seminggu sekali agar para jamaah tidak cepat bosan dan lebih maksimal. Oleh karena itu kegiatan ini akan dipersipakan lebih matang dengan mengundang  agar para mubaligh yang berkualitas dan kredibel.

Demikanlah program kegiatan bulan ramdhan 1438 H yang akan kami persembahkan untuk kaum muslimin muslimat yang ada di sekitar wilayah Dander Bojonegoro, semoga kita dapat dipertemukan dengan bulan Ramadhan dan dapat melaksankan ibadah pada bulan tersebut dengan semaksimal mungkin. Amin ya rabbal ‘alamin

Leave a Reply

Your email address will not be published.