Khitanan Masal dan Pagelaran Wayang Kulit Religi

56574(1)Dalam tradisi masyarakat muslim di jawa, bulan Rajab dan Sya’ban bukan saja merupakan bulan mulia dalam pandangan agama akan tetapi bulan Rajab dan Sya’ban juga dapat disebut bulan yang penuh dengan acara hajatan seperti selametan, kirim do’a, pernikahan dan khitanan. sebab dalam pandangan masyarakat Jawa  bulan Rajab dan Sya’ban merupakan bulan yang baik untuk melangsungkan acara hajatan.

Tradisi tradisi tersebut sangat melekat dalam masyarakat sebab acara seperti pernikahan dan khitanan merupakan sesuatu yang diperintahkan dalam Agama Islam. Sehingga mayarakat pasti akan melangsungkannya apalagi setelah sampai pada saat yang telah ditentukan. Sebagaimana khitan pada anak harus segera dilangsungkan jika anak telah menginjak dewasa sebab khitan bagi anak yang telah dewasa hukumnya adalah wajib.

Sebenarnya acara seperti khitanan itu bisa dilakukan tanpa butuh biaya besar, akan tetapi dalam masyarakat Jawa melangsungkan khitan pada anak tanpa menyelenggarakan syukuran atau pesta untuk masyarakat sekitar dirasa kurang afdlal atau kurang lengkap sehingga acara khitanan yang awalnya tidak perlu biaya besar pada akhirnya akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, sebagian masyarakat yang kurang mampu merasa terbebani atau kurang percaya diri untuk segera mengkhitankan anak anak mereka disebabkan tidak punya modal yang cukup.

Berangkat dari fenomena di atas, Masjid Al-Birru Pertiwi Dander Bojonegoro merasa terpanggil untuk membantu dan meringnkan beban masyrakat dalam megkhitankan anak anak mereka. Oleh karena itu Masjid Al-Birru Pertiwi Dander Bojonegoro akan menyelenggarakan acara khitanan masal sekaligus dengan acara tasyakuran khitanan yang berupa pagelaran wayang kulit religi. Adapun jadwal acara khitanan masal dan pagelaran wayang kulit religi adalah sebagai berikut:

Hari / Tanggal

:

Sabtu, 14 Mei 2016

Waktu

:

Pukul 07.00 Wib sampai selesai

Acara

:

Khitanan Masal

Tempat

:

Gedung TPQ Masjid Al-Birru Pertiwi

 

Hari / Tanggal

:

Sabtu, 14 Mei 2016

Waktu

:

Pukul 19.30 Wib sampai selesai

Acara

:

Pagelaran Wayang Kulit Religi

Tempat

:

Lapangan Masjid Al-Birru Pertiwi

Dalang

:

Ki Purbo Asmoro Dari Solo

Bagi masyarakat yang berminat untuk mengkhitannkan putranya dapat segera mendaftar diri di Kantor Masjid Al-Birru Pertiwi Dander Bojonego. Pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 1 April 2016 sampai 12 Mei 2016. pendaftaran akan ditutup jika sudah memenuhi kuota maksimal. adapun jumlah maksimal peserta khitanan masal Masjid Al-Birru Pertiwi Dander Bojonego adalah sebanyak 50 anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.