Pagelaran Wayang Kulit Religi

asTa’mir Masjid Al Birru Pertiwi menggelar pentas wayang kulit semalam suntuk degan tema “Karna Tandhing” bersama Ki Dalang Purbo Asmro dari Kota Surakarta Jawa Tengah

“Pagelaran wayang kulit itu berlangsung di Halaman Masjid Al Birru Pertiwi Dander Bojonegoro dalam rangka memperingati HUT ke-02 Masjid Al Birru Pertiwi,” kata Direktur Utama Masjid Al Birru Pertiwi H. Basuki, M.Pd, M.Pd.I.

Ia menyampaikan bahwa seni wayang kulit merupakan warisan budaya Indonesia yang diakui dunia sehingga patut menjadi kebanggaan.

Menurutnya, kita sebagai bangsa Indonesia harus mempunyai rasa memiliki dan berusaha untuk mempertahankan kebudayaan asli milik kita. Dengan adanya gelaran wayang kulit ini masyarakat dapat terhibur dan untuk memperkenalkan kepada generasi muda sehingga kelak budaya kita tidak hilang ditelan bumi,” ujarnya.

Sementara itu, Bapak Suparamu Santosa, Selaku Keluarga besar Pendiri Masjid Al Birru Pertiwi mengatakan bahwa Pagelaran wayang kulit diseleggrakan di sebuah masjid bukan merupakan sesuatu yang bertentangan dengan ajaran Islam, sebab dulu, Para Wali telah menjadikan Pagelaran Wayang Kulit sebagai media dakwah penyebaran agama Islam.

Beliau juga mengajak kepada para hadirin untuk dapat mengambil pelajaran dari nilai nilai luhur yang terdapat pada cerita wayang tersebut, sebab disana ada ajaran tentang keikhlasan dan tawakkal, ikhlas tanpa pamrih dan ikhlas menerima takdir tuhan.

Pada acara tersebut, juga ada penampilan Hadrah dari Remaja Masjid Al Birru Pertiwi Dander Bojonegoro dan Penampilan Pentas Seni dari SDN karangsono Dander.

Ditengah tengah acara tersebut, panitia juga membagikan Dor Prize kepada para pengunjung berupa Mesin Cuci, Sepada Ontel, Ipad, Rice Cooker dan lain lain

Selain ribuan masyarakat yang antusias menyaksikan wayang kulit, juga hadir para pejabat di lingkungan Pemerintah Bojonegoro dan Pegawai Bank Mandiri, BRI, BCA dan BNI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.