Pengajian Akbar Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad Saw di Masjid Al-Birru Pertiwi

 56573

Sekarang kita telah memasuki kurang lebih 1 minggu dari bulan Rajab,  dimana pada akhir bulan ini kita sebagai seorang muslim telah diingatkan kembali akan sebuah peristiwa besar dalam sejarah umat Islam. Sebuah peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah hidup Rasulullah SAW yaitu peristiwa diperjalankannya beliau (isra) dari Masjid al Haram di Makkah menuju Masjid al Aqsa di Jerusalem, lalu dilanjutkan dengan perjalanan vertikal (mi’raj) dari Qubbah As Sakhrah menuju ke Sidrat al Muntaha.

perjalanan isra’ dan mi’raj merupakan perjalanan yang penuh berkah yang menunjukkan betapa Maha Kuasanya Allah swt. Bagaimana seorang hamba –Nabi Muhammad saw-, bersama ruh dan jasadnya menempuh jarak ribuan bahkan jutaan kilometer hanya dalam satu malam saja. Dan dalam perjalanan yang sedemikian cepat tersebut, Allah kuasakan Nabi Muhammad mampu melihat keadaan sekitar yang beliau lewati, baik kejadian atau keadaan saat isra maupun mi’raj.

Isra’ dan mi’raj juga merupakan perjalanan Rasulullah saw untuk menerima kewajiban shalat, dan kewajiban sholat inilah yang harus kita syukuri sebab shalat pada hakikatnya merupakan kebutuhan mutlak untuk mewujudkan manusia seutuhnya, kebutuhan akal pikiran dan jiwa manusia. Shalat dibutuhkan oleh pikiran dan akal manusia, karena ia merupakan pengejawantahan dari hubungannya dengan Tuhan, hubungan yang menggambarkan pengetahuannya tentang tata kerja alam raya ini, yang berjalan di bawah satu kesatuan sistem. Shalat juga merupakan kebutuhan jiwa. Karena, tidak seorang pun dalam perjalanan hidupnya yang tidak pernah mengharap atau merasa cemas. Hingga, pada akhirnya, sadar atau tidak, ia menyampaikan harapan dan keluhannya kepada Dia Yang Mahakuasa.

Oleh karena itu, untuk mengingat keagungan dan kemahakuasaan Allah swt dan untuk menumbuhkan kesadaran kaum muslimin atas pentingnya sholat dalam kehidupan di dunia ini, maka Takmir Masjid Al-Birru Pertiwi akan menyelenggarakan Pengajian Akbar dalam rangka memperingati malam perjalanan Isra’ dan Mi’raj yang insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari / Tanggal : Jum’at, 29 April 2016
Waktu
: Ba’da Isya’ (19.30 WIB)
Tempat
: Masjid Al-Birru Pertiwi Dander Bojonegoro
Pembicara
: KH. Ahmad Muwaffiq  dari Yogyakarta

Dan dua hari setelah pengajian Akbar Isra’ Mi’raj, Pengurus Pengajian Tombo Ati Masjid Al-Birru Pertiwi juga akan menyelenggarakan pengajian Tombo Ati yang akan dilaksanakan pada:

Hari / Tanggal  : Ahad, 01 Mei 2016
Waktu : Pukul 05.30 WIB
Tempat  : Masjid Al-Birru Pertiwi Dander Bojonegoro
Pembicara
: KH. Ahmad Ahdal, AR dari Sarang Rembang

Semoga dua pengajian yang diadakan oleh Takmir Masjid Al-Birru Pertiwi bermanfaat dalam kehidupan kita dan meningkatkan kualitas ketakwaan kita kepada Allah swt serta dapat menumbuhkan kesadaran kaum muslimin akan pentingnya Sholat baik sholat fardlu ataupun sholat sunnah terutama sholat berjama’ah di Masjid. amiin

Leave a Reply

Your email address will not be published.