Pengajian Minggu Pagi di Masjid Al-Birru Pertiwi

http://www.albirrupertiwi.com/wp-content/gallery/pengajian-tombo-ati/Jamaah-tombo-ati-ahad-pagi.jpg

Jama’ah Pengajian Tombo Ati Masjid al-Birru Pertiwi

Sejak awal diresmikan, Masjid Al-birru Pertiwi Dander Bojonegoro telah menyelenggarakan pengjian rutin yang diberi nama “TOMBO ATI”. Pengajian tersebut diadakan setiap hari Ahad pagi pukul 06.00 – 07.00 WIB. Namun sebelum pengajian dimulai, para jama’ah bersama sama selalu membaca surat al-Waqi’ah dan setelah pengajian selesai para jama’ah melakukan sholat sunnah Dluha masing masing.

Hal yang mendasari Pengurus Masjid untuk menyelenggrakan pengajian ini adalah untuk memberikan media berdizikir secara kolektif kepada  masyarakat di sekitar Dander Bojonegoro dan memberikan wawasan agama Islam yang diharapkan dapat mempertebal keimanan mereka kepada Allah swt serta meperkuat tali persaudaraan antar sesama umat muslim.

Kegiatan religius yang menjadi program Favorit Masjid Kubah Mas Bojonegoro ini diasuh oleh ustadz Agus Sholahuddin, MH.I dan Ustadz Yogi Prana Izza, Lc, Ma, kedua Ustadz ini merupakan ustadz muda termasyhur yang ada di kota Angling Darmo ini dan mereka telah mempunyai jama’ah yang tidak sedikit jumlahnya. Maka tidaklah aneh, sejak awal pengajian ini dimulai, jama’ah yang mengikuti pengajian ini pun langsung membludak, kurang lebih 1000 orang dari berbagai wilayah di Bojonegoro.

Untuk meningkatkan kualitas pengajian rutin ini, maka sejak awal tahun 2015, Pengurus Masjid terindah di kota Bojonegoro ini telah mengagendakan untuk mencari narasumber dari luar Kota setiap 1 selapan sekali (setiap Ahad Legi). Sampai saat ini pengajian Tombo Ati sudah tiga kali diasuh oleh narasumber dari luar Kota yaitu KH. M. Najib Muhammad (Gus Najib) dari Jombang, KH Muwafiq dari Yogyakarta dan KH. Syarofuddin dari Rembang. Dan alhamdulillah sejak saat itu jama’ah pun semakin besar dan memenuhi ruangan masjid yang bertingkat dua ini, sehingga tidak sedikit juga jama’ah yang mendengarkan pengajian dari luar masjid

Jama’ah Memenuhi 2 Lantai Masjid

Selain itu, Pengurus Masjid al-Birru Pertiwi saat ini akan menerbitkan buku saku wirid / dzkir yang akan dibaca oleh jama’ah sebelum pengajian dimulai. Adapun dzikir yang akan dibaca sebelum pengajian adalah wirdul latif dan Surat Al-Waqiah yang dipimpin oleh Ustadz M. Husnul Wadi’ S.Pd,I (Imam Masjid Al-Birru Pertiwi).

Untuk mengabadikan moment penting pengajian dan mengantisipasi membludaknya jama’ah, setiap pengajian selalu di record menggunakan Handycam dan disambungakan pada layar lebar dengan menggunakan infokus, sehingga semua jama’ah bisa langsung melihat ustadz yang memberi taushiyah baik secara lansung atau melalui layar lebar..

One comment

  • Anonymous

    Alhamdulillah, saya salah satu jama’ah tombo ati merasa senang karena kajian2 majlis tombo ati sangat menyejukkan dan mengayomi semua, Semoga istiqomah,

    tetapi kalo boleh usul jika jama’ah yang sudah begitu banyak apabila diberikan kegiatan lain non kajian islam, semisal sosial, mungkin akan lebih bagus. SEMOGA.

Leave a Reply

Your email address will not be published.