SERBA SERBI MUHARRAMAN DI MASJID ALBIRRU PERTIWI

muharram-greetings-and-picturesAl-BirruPertiwi.com- Pada saat memasuki bulan Muharam, umat Muslim di berbagai daerah di Indonesia bahkan dunia merayakannya dengan beragam bentuk kegiatan. Mulai dari tabligh akbar, zikir bersama, pawai obor, bancakan massal hingga pawai taaruf. Tingginya antusiame masyarakat muslim dalam menyambut Tahun Baru Islam ini, diharapkan bisa menjadi momentum kebangkitan Islam.

Momentum bulan Muharam sangat penting diperkenalkan kepada umat muslim, baik makna maupun manfaat / faedah keutamaannya, di samping mengenalkan 11 bulan Islam lainnya. Hal ini didasarkan bahwa saat ini, akibat perkembangan zaman dan beragamnya peradaban/budaya asing, esensi dan eksistensi Bulan Muharram hampir semakin tidak bermakna di hati sebagian umat Islam. Umat muslim lebih mengenal bulan-bulan tahun masehi daripada bulan-bulan tahun hijriah atau tahunnya ummat Islam. Bahkan ironisnya, hanya segelintir dari umat muslim yang tahu kapan dan apa faedah bulan Muharram tersebut. Hal ini jelas sangat berpengaruh kepada kepribadian anak dan remaja serta umat Islam secara keseluruhan.

Atas dasar itulah, pada Muharram 1438 Hijriyah ini, Masjid Al-Birru Pertiwi Dander Bojonegoro mengadakan berbagai kegiatan kegiatan positif baik yang bersifat ritual maupun yang bersifat sosial.

Pada awal bulan Muharram 1438 H, Takmir Masjid Al-Birru Pertiwi mengajak segenap para jama’ah untuk membaca doa awal tahun. Sebelum membaca doa awal tahun yang dimulai setelah sholat maghrib mereka diajak terlebih dahulu untuk membaca doa akhir tahun yang dimulai pada 1 Oktober 2106 pukul 17.00 WIB. Setelah acara doa akhir dan awal tahun selesai acara pun dilanjutkan dengan acara slametan massal (makan makan) di Serambi Masjid.

Memasuki tanggal 9 Muharram 1438 H, para jamaah diajak untuk melestarikan ajakan rasulullah untuk berpuasa Tasu’a, pada malam harinya mereka diajak untuk mengidupkan malam 10 muharram dengan berbagai ritual ritual Islam seperti membca dzikir, tasbih, tahlil dan doa bersama yang lagi lagi ditutup dengan acara makan makan (selametan masal) dan tentunya mereka pun diingatkan untuk puasa Asyuro atau puasa sunah 10 muharram.

Selain kegiatan kegiatan yang bersifat ritual, Takmir Masjid Al-Birru Pertiwi Dander juga mengadakan kegiatan kegiatan sosial seperti Pengobatan Gratis dan santunan anak yatim. Pengobatan gratis dilaksanakam pada tanggal 7 Muharram 1438 H atau minggu, 9 Oktober 2016 pukul 15.00 – 18.00 WIB. Kegiatan pengobatan gratis ini diikuti sekitar 50 pasien dengan 4 personil tenaga medis.

pengobatan pengobatan2

Selain kegiatan pengobatan massal, Pengurus Majlis Tombo Ati yang berada di bawah naungan Takmir Masjid al-birru Pertiwi juga ikut merayakan bulan muharram dengan mengadakan santunan anak yatim. Kegiatan yang dilaksanak pada hari minggu 16 Oktober 2016 ini dilaksanakan untuk menumbuhkan rasa empati jamaah kepada masyarakat yang membutuhkan terutama terhadap anak anak yang telah ditinggalkan oleh ayahandanya. Pada kegiatan ini, Pengurus Majlis Tombo Ati memberikan santunan kepada 134 anak yatim yang berada di wilayah sekitar Masjid Al-Birru Pertiwi seperti Dander, Ngeraseh, Ngunut, Nemon, Mojoranu, Sumber Arum dan desa di sekitar kecamatan Dander.

yatim yatim2

Selain kegiatan kegiatan di atas, Takmir Masjid Al-Birru Pertiwi juga mengadakan kegiatan untuk anak anak berupa Pawai Ta’aruf. Pawai Ta’arruf ini di ikuti oleh anak TPQ Masjid Al-Birru Pertiwi dan Masjid Nemon. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada mereka tentang tahun hijriyah dalam kalender Islam. Pada kegiatan Pawai Ta’arruf tersebut Panita menyediakan Door Prize sebanyak 80 macam hadiah untuk dibagikan kepada para peserta Pawai Ta’aruf.

pawai pawai2

Demikianlah sekilas info kegiatan bulan Muharram 1438 H di Masjid Al-Birru Pertiwi Dander Bojonegoro, semoga pada bulan bulan berikutnya Masjid kita ini dapat mengadakan kegiatan kegiatan yang lebih bermanfaat dan dibutuhkan olehi kaum muslim di era Modern ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.