Shalat Tarawih 1 Malam 1 Juz di Masjid Al-Birru Pertiwi

 

Sholat t

Banner Sholat Tarawih

Banner Sholat Tarawih

Sholat Tarawih merupakan sholat sunah yang paling istimewa di antara sholat sunah yang lain. Keistimewaan sholat tarawih terdapat pada waktunya, yaitu hanya dilaksanakan pada bulan Ramadhan saja. Bulan Ramadhan itu sendiri merupakan bulan suci bagi umat Islam yang mempunyai banyak keistimewaan dibanding bulan-bulan yang lain.

Membaca keseluruhan surat dari Al Quran pada shalat tarawih pada seluruh malam di bulan Ramadhan dipandang lebih utama daripada membaca surat Al Ikhlash berkali-kali. Caranya bacalah 1 juz dalam semalam. Disunatkan membacanya secara tartil dan jelas. Walaupun demikian, sangat jarang sekali masjid yang berani menyelenggarakan Sholat Tarawih dengan membaca 1 juz pada setiap malamnya. Karena mungkin Pertimbangan imam yang harus hafal 30 juz dan kesiapan jamaah untuk berdiri dalam shalat selama kurang dari satu setengah jam adalah faktor penyebab jarangnya masjid yang berani menyelenggarakan shalat dengan bacaan sepanjang itu.

Masjid Al-Birru Pertiwi Dander Bojonegoro yang telah diresmikan pada tanggal 24 Januari 2014 ini merupakan satu satunya masjid yang ada di wilayah kabupaten Bojonegoro yang berani menyelenggarakan Sholat Tarawih dengan membaca 1 juz pada setiap malamnya. Dan alhamdulillah sejak awal sampai akhir ramadhan animo masyarakat yang mengikuti sholat tarawih sangat menakjubkan. Bahkan tidak sedikit orang orang yang memuji dan respek atas penyelenggaraan sholat tarawih one nigh one juz in  the Masjid Al-Birru Pertiwi ini.

Pada bulan Ramadhan mendatang insya allah Masjid Al-Birru Pertiwi juga akan mengadakan sholat tarawih layaknya di Masjidil Haram dengan 20 rakat (2 rakat 1 salam)  yang akan dipimpin oleh para Huffadz 30 juz yang bersuara merdu yang akan membacakan al-Quran 1 juz setiap malamnya…

Karena ramadhan adalah Syahrul Quran (bulan al-Quran diturunkan) marilah kita hidupkan malam ramadhan dengan membaca dan mendengarkan al-Quran lebih lebih pada waktu sholat. Semoga kita bisa mengikuti shalat tarawih di Masjid Al-Birru Pertiwi selama 1 bulan penuh sehingga kita bisa menghatamkan al-Quran pada waktu sholat. amiin…

Leave a Reply

Your email address will not be published.