Sholat Tarawih Satu Malam Satu Juz di Masjid Al-Birru Pertiwi 2018

albirrupertiwi.com Banyak ulama berkata bahwa bulan Ramadhan adalah bulan al-Quran, karena pada bulan itu al-quran telah diturunkan oleh Allah secara global dari lauh al-mahfudz ke sama’ al-dunya dan juga secara berangsur angsur kepada Nabi Muhammad saw. Oleh karena itu salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan pada bulan Ramadhan adalah memperbanyak membaca al-quran.

Membaca al-quran merupakan ibadah yang tidak dibatasi oleh waktu dan tempat. Dimana saja -asalkan jangan di toilet- dan kapan saja -asal jangan sambil berbuat maksiat- kita tetap dianjurkan membaca al-quran dan itu akan dinilai sebagai ibadah. Akan tetapi tentunya ada waktu dan tempat dimana membaca al-quran akan mempunyai nilai ibadah yang sangat berkualitas dan sangat dianjurkan yaitu membaca al-quran saat kita sedang melakukan sholat.

Dengan keluasan rahmat Allah kepada Hambanya yang ingin memperbanyak amalan membaca al-quran di bulan Ramadhan, Allah pun mesyariatkan sholat tarawih di bulan Ramadhan dan tidak di bulan lain. Dengan kata lain, di bulan ramadhan ini Allah swt memberikan banyak sarana dan kesempatan kepada kita agar kita dapat  memperbanyak baca al-quran dan mengkhatamkannya, dan salah satu sarana itu adalah sholat tarawih. dan diharapakan pada bulan ramadhan kita bisa mengkhatamkan al-quran dengan kondisi yang sangat sakral yaitu khataman quran dalam sholat, karena dalam sholat itu selain kita suci dari hadast dan menghadap qiblat, kita juga akan berusaha semaksimal mungkin untuk tunduk dan khusu’.

Untuk merealisasikan harapan tersebut, maka masjid Al-Birru Pertiwi Dander Bojonegoro tetap istiqomah dan konsisten untuk mengadakan sholat tarawih 1 malam 1 juz, sehingga di bulan Ramadhan nanti kita dapat mengkhatamkan al-quran 30 juz di dalam waktu sholat. Insya allah pada tahun ini sholat tarawih di masjid al-Birru Pertiwi akan dipimpin oleh tiga orang hafidz (orang yang hafal al-quran) secara bergantian. Mereka adalah Ust. Muhammad Haidar dari Madura, Ust. Saiful Anwar dari Bojonegoro dan Ust. M. Husnul Wadi’ dari Bojonegoro. Oleh karena itu marilah kita maksimalkan program sholat tarawih one night one juz ini dengan selalu mengikuti sholat tarawih 1 bulan penuh di Masjid Al-Birru Pertiwi agar kita bisa mengkhatamkan al-quran 30 juz di bulan termulia dan dalam keadaan yang paling mulia sehingga kita akan mendapatakan kedudukan yang paling mulia disisi-Nya

Semoga kita dipertemukan oleh Allah dengan Bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah dan maghfirah. Semoga kita bisa meraih keberkahan bulan ramadhan dengan memperbanyak amalan kebaikan di dalamnya dan akhirnya kita juga mendapatkan ampunan dari-Nya… amin ya rabbal alamin

Leave a Reply

Your email address will not be published.