Training Pembelajaran Holistik Berbasis Karakter Untuk Guru TK / RA Se-Bojonegoro di Masjid Al-Birru Pertiwi

4x2

 
Pendidikan karakter adalah segala upaya yang bisa dilakukan untuk mempengaruhi karakter anak didik. Pendidikan karakter merupakan suatu usaha yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia dapat memahami, memperhatikan, dan menerapkan nilai-nilai etika atau budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter sangat berperan penting dalam pembangunan suatu bangsa. Bangsa yang memiliki karakter dan kepribadian, maka akan unggul dibandingkan dengan bangsa yang belum memiliki karakter dan kepribadian.
 
Negara berkembang seperti Indonesia masih berusaha mengembangkan pendidikan karakter dan kepribadian dalam pendidikan dan kurikulum yang diterapkan di lembaga pendidikan seperti sekolah. Kurikulum yang diterapkan beberapa tahun belakangan ini masih cenderung lebih berat ke arah kemampuan kognitif dibanding ke pengembangan karakter. Maka kita tak heran jika anak-anak Indonesia unggul dalam perlombaan olimpiade tingkat dunia dengan menjadi juara umum. Namun, tak heran juga kita melihat pelaku korupsi dan kriminal kerah putih lainnya merupakan individu yang berintelektual tinggi.
 
Hal itu pertanda bahwa kondisi pendidikan Indonesia yang telah terjadi saat ini cenderung melupakan pengembangan karakter dan kepribadian yang unggul. Walaupun pemerintah mulai menerapkan Sistem Kurikulum 2013, sistem pendidikan yang mengembangkan pendidikan karakter, hal ini dirasa belum cukup menimbang masih belum sempurnanya kurikulum ini diterapkan dalam realita yang ada. Hal ini didukung dengan pemberitaan media yang memberitakan masih kurangnya sosialisasi kepada guru- guru terutama di daerah terpencil.

 
Oleh Karena itu, Masjid Al-Birru Pertiwi -yang dibangun sebagai media masyarakat untuk mendekatkan diri kepada Allah swt dan sebagai pusat pengkajian ilmu agama serta merupakan tempat rehabilitasi moral masyarakat- berusaha berpartisipasi aktif untuk membantu pemerintah dalam mensosialisasikan model pendidikan karakter  di Indonesia dengan cara mengadakan Training Pembelajaran Holistik Berbasis Karakter bekerjasama dengan Indonesia Herritage Foundation (IHF) pimpinan Dr. Sofyan A. Djalil, SH, MA, MALD ( saat ini sebagai  Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) yang insya Allah akan diselenggarakan pada:
Hari / Tanggal Rabu – Minggu, 4 – 8 Mei 2016
Waktu 07.00 – 16.30 WIB
Tempat Aula Masjid Al-Birru Pertiwi Dander Bojonegoro
Peserta Kepala dan Guru TK / RA Se-Bojonegoro
Narasumber TIM Trainer Dari IHF Depok Jawa Barat
Acara Training Pembelajaran Holistik Berbasis Karakter
Semoga Pelatihan ini dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia khususnya di Kabupaten Bojonegoro untuk dapat mencetak generasi bangsa yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur sehingga negara tercinta kita ini mendapatkan predikat sebagai Baldatun Thoyyibatun Wa Rabbun Ghofuur. Amiiin

Leave a Reply

Your email address will not be published.