Pengajian Umum Ahad Pagi Bersama Gus Muwaffiq

albirrupertiwi.com Dalam rangka menyambut kedatangan Bulan Suci Ramadhan 1440 H, Masjid Al-birru Pertiwi telah mengadakan pengajian akbar yang dilaksanakan pada hari Minggu, 21 April 2019.

Pengajian dilaksanakan pada pagi hari pukul 06.00 WIB sampai selesai. Mulai pukul 05.30 Para jamaah sudah mulai berdatangan dari rumah masing masing, mulai dari ibu, bapak, anak anak para pemuda pemudi dan kakek nenek semua berangkat menuju halaman Masjid dengan wajah berseri seri. Saat datang ke masjid mereka disambut dengan ramah oleh ibu ibu panita yang beseragam hitam sambil memberikan 1 kotak yg berisi “serabih ketan”. Adapun para Bapak tentunya disambut oleh Pengurus tombo ati yg saat itu juga menjadi panitia.

Acara pada hari itu dimeriahkan oleh Group Gambus Aji Soko dari balen bojonegoro dan tari sufi dari dander. Dan tepat pukul 06.00 WIB Group Gambus Aji Soko mulai bereaksi untuk menghibur para jamaah dengan diiringi tari sufi. Penampilan Group Gambus Aji Soko ini sangat meghibur sebab alunan musiknya khas musik jawa dan lagu yang dibawakan adalah lagu religi. Penampilan Group Gambus Aji Soko dan tari sufi terbilang sangat lama sbb mereka memulai acara dari jam 06.00 sampai jam 07.30 WIB.

Turut hadir pada acara tersebut Bapak Supramu Santosa, Bapak Suprapto Santosa, Habib Muhammad al-jufri dan KH. Saifur Rohman serta Gus Muwaffiq dari Yogyakarta.

Pukul 08.00 WIB acara dimulai dengan pembacaan Al-quran al-karim yang dibawakan oleh ustadz Maryno Qosim lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Yayasan Bhakti Pertiwi Bapak H. Supramu Santosa dalam sambutannya beliau berharap para jamaah yg ikut pengajian di Masjid Al-Birru Pertiwi dapat mengambil manfaat dan pelajaran serta mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Acara selanjutnya ditutup dengan ceramah agama yang disampaikan oleh kyai gondrong dari Yogyakarta KH. Ahmad Muwaffiq atau yang lebih terkenal dengan sebutan Gus Muwaffiq.

Dalam tausyiahnya, beliau menjelaskan dalil dan sejarah tari sufi serta menjelaskan karakteristik Islam Nusantara atau Islam yang ada di Indonesia.

Semoga pengajian yang dipersembahkan Masjid Al-Birru Pertiwi ini dapat memberikan manfaat dan keberkahan kepada masyarakat terutama yang bertempat di wilayah dander dan sekitarnya, dan semoga kita dapat dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan dan dapat menggapai keberkahan bulan Ramadhan dengan menjalankan ibadah dengan semaksimal mungkin. Amin ya Rabbal Alamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.